Rabu, 08 Desember 2010

MGMP BERMUTU PANGKEP

MGMP BERMUTU MATEMATIKA WIL II PANGKEP

Pertemuan ke...
pelaksaana tindakan 
pada pelaksanaan tindakan di adakan di SMP Neg 2 pangkep
dengan guru model adalah HEKMAWATI, S.Pd

Mata Pelajaran/Topik :
Nilai satuan, Nilai keseluruhan
Kelas/Sekolah           :
VII E/SMPN I Pangkajene
Nama Pengajar          :
HEKMAWATI, S.Pd




TAHAP
FOKUS PENGAMATAN
HASIL OBSERVASI
KEGIATAN AWAL
Apersepsi dan motivasi
1.  Apa yang dilakukan guru untuk menggali pengetahuan awal atau memotivasi siswa?
Guru menggali pengetahuan siswa dari kebiasaan siswa berbelanja, menentukan pengetahuan prasarat 1 losin= 12 biji,1 gros = 144 biji, 1 kodi = 20 biji.
2   Bagaimana respons siswa? Apakah siswa bertanya tentang sesuatu masalah terkait dengan apa yang disajikan guru pada kegiatan awal?
Rispon siswa sangat positif siswa menjawab pertanyaan dari guru.
KEGIATAN INTI
Materi Ajar:
3. Apakah guru memberikan penjelasan umum tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa?
Guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan belajar siswa.
Guru membantu siswa baik individu maupun kelompok.
Pada saat kerja kelompok di temukan siswa no: 28,9,23 paling aktif no 12 kurang aktif hanya menunggu jawaban teman.
4. Bagaimana keterkaitan antara pembelajaran dengan realita kehidupan, lingkungan dan pengetahuan lainnya?
Guru memberikan contoh dalam kehidupan siswa dalam berbelanja di sekolah dikaitkan dengn nilai satuan dan nilai keseluruhan.



TAHAP
FOKUS PENGAMATAN
HASIL OBSERVASI
Pengelolaan sumber relajar, media atau peralatan:
5. Apakah guru terampil dalam memanfaatkan dan mampu memanipulasi media pembelajaran
sumber belajar siswa belum banyak di manfaatkan  misalnya buku paket dibiarkan tertutup di atas meja.
6. Bagaimana interaksi siswa dengan  sumber belajar/media?
siswa berfokus pada lks dari guru belum memanfaatkan buku sumber.
Strategi pembelajaran
7. Apakah proses pembelajaran dilaksanakan dengan strategi yang direncanakan secara lancar?
Strategi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana yang tertuang dalam rpp
8. Apakah siswa dapat mengikuti alur kegiatan belajar?
Siswa secara aktif, kreatif mengikuti alur kegiatan belajar dari guru.
9. Bagaimana cara guru memberikan arahan yang mendorong siswa untuk bertanya, berpikir dan beraktivitas?
Guru sering berkomunikasi antar siswa tentang kesulitan belajar siswa, tentang hasil belajar.
10.Apakah siswa aktif melakukan kegiatan fisik dan mental (berpikir)? Berapa banyak siswa yang aktif belajar?
Siswa berintraksi sangant baik, hampir siswa berintraksi antar anggota kelompok.
KEGIATAN PENUTUP
Penguatan/ Konsulidasi
11.Bagaimana cara guru memberikan penguatan, dengan mereviu, merangkum atau menyimpulkan?
Guru menyuruh perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain menanggapi. Guru memberikan penguatan memberikan jawaban yang benar. Guru membuat kesimpulan dengan menuliskannya di papan tulis.
12.Apakah guru memberi tugas rumah untuk remidi atau penguatan?
Guru memberikan pr sebagai pengutan.

TAHAP
ASPEK PENGAMATAN
HASIL OBSERVASI
Evaluasi
13.Bagaimana cara guru melakukan evaluasi pembelajaran?
Guru memberikan soal evaluasi per individu
14.Bagaimana ketuntasan belajar siswa?
Ketuntasan belajar belum bisa digambarkan karena berapa hasil evaluasi individu belum di komunikasikan
KOMENTAR OBSERVER
Keterlaksanaan skenario pembelajaran (berdasarkan RPP): sintag-sintag atau tahapan scenario telah dilalui tahapdemi tahap secara sistematis.
Pelajaran berharga yang dapat dipetik oleh observer: siswa beraktifitas dengan baik, tertib dan efiktif.
Lain-lain: siswa yang mempunyai kemampuan lebih belum di optimalkan, contohnya siswa dilarang untuk menjawab soal selanjutnya

Pangkajene, 02 Desember 2010 ,
                                                                   Observer,

                                                                   (Drs  SUDARTO)
                                                                  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar