RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Minasaten
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi: 3. Menggunakan teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 3.1 Menggunakan teorema Pythagoras untuk menentukan panjang segitiga siku-siku.
Indikator : 1. Menemukan teorema Pythagoras;
2. Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku, jika dua sisi lain diketahui;
3. Menentukan bilangan yang merupakan tripel Pythagoras;
Alokasi waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan teorema Pythagoras dengan melakukan penyelidikan;
2. Siswa dapat menggunakan rumus teorema Pythagoras untuk menghitung salah satu sisi segitiga siku-siku jika dua sisi yang lain diketahui;
3. Siswa dapat menentukan bilangan-bilangan yang merupakan tripel Pythagoras;
4. Siswa dapat menggunakan tripel Pythagoras untuk menunjukkan suatu segitiga merupakan segitiga siku-siku;
2. Materi Ajar
Teorema Pythagoras
3. Metode, Pendekatan, dan Model Pembelajaran
Diskusi kelompok, penemuan terbimbing, dan ekspositori melalui pendekatan kontekstual.
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan Pertama:
1. Pendahuluan:
a. Apersepsi
· Mengingat kembali tentang luas persegi, luas segitiga, kuadrat dan akar kuadrat;
b. Motivasi
· Dengan menguasai materi ini, siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi matematika selanjutnya (seperti diagonal sisi & ruang kubus atau balok) dan masalah sehari-hari (seperti mencari jarak terdekat antara dua kota atau panjang benang layang-layang terpendek jika menginginkan tinggi tertentu).
2. Kegiatan Inti:
a. Siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 – 5 orang yang heterogen
b. Guru memberikan masalah mengenai seorang anak berjalan yang jejak kakinya berbentuk segitiga siku-siku seperti pada Buku Siswa Kelas VIII semester 1 Bab Teorema Pythagoras. Dengan menggambarkan jejak itu dalam buku berpetak, tiap kelompok berpandu dengan LKS 5.1: Teorema Pythagoras diminta untuk menemukan Teorema Pythagoras;
c. Siswa mendiskusikan dalam kelompok mengenai hubungan antara luas persegi pada sisi miring segitiga siku-siku dan luas persegi pada sisi siku-sikunya dengan ukuran sisi pada segitiga beberapa kelompok berbeda-beda; Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dan memberikan penilaian kinerja untuk tiap-tiap kelompok;
d. Guru meminta paling sedikit dua atau tiga kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi, guru mengarahkan ke jawaban yang benar;
e. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi tentang teorema pythagoras;
3. Penutup:
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman;
b. Siswa menyampaikan kesan selama mengikuti pembelajaran;
c. Guru memberikan tugas rumah.
Pertemuan kedua: dan sterusnya..............
silabus.
Sekolah : SMP Negeri 1 Minasatene.....
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I(satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
| ||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| ||||||||||||||||
1.1Melakukan operasi aljabar
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan)
|
· Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Berapakah:
(2x + 3) + (-5x – 4)
|
2x40mnt
|
Buku teks
| ||||||||||
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan)
|
· Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
|
2x40mnt
| |||||||||||||
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Bentuk aljabar
|
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel
|
· Menentukan faktor suku aljabar
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Sebutkan variabel pada bentuk berikut:
|
2x40mnt
| |||||||||||
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut
a. ax+bx+cx
b. selisih dua kwadrat X² - Y²²
c. aX² + bX + c a = 1
d aX² + bX + c a¹1 , a¹0
|
· Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya dari bentuk aljabar:
a. ax+bx+cx
b. selisih dua kwadrat X² - Y²²
c. aX² + bX + c a = 1
d aX² + bX + c a¹1 , a¹0
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Faktorkanlah :
a. 4x + 8x + 10x
b. 25X² - Y²
c. X² + 7X + 12
d 2 X² + 7X + 3
|
4x 40mnt
| |||||||||||||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
Relasi dan fungsi
|
Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu
|
· Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku teks
Lingkungan
| ||||||||||
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
|
· Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula 5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !
|
1x40mnt
| |||||||||||||
1.4 Menentu kan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitungnya
|
· Menghitung nilai fungsi
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
|
1x40mnt
| |||||||||||
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
|
· Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4 tentukan f(x).
|
2x40mnt
| |||||||||||||
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
Fungsi
|
Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi
Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius
|
· Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes isian
Tes uraian
|
Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2
|
2x40mnt
2x40mnt
| |||||||||||
1.6 Menentu kan gradien, persamaan garis lurus
|
Garis Lurus
|
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak
|
Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!
|
2x40mnt
| |||||||||||
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
|
· Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah ... .
|
2x40mnt
| |||||||||||||
Menggambar garis lurus jika
- melalui dua titik
- melalui satu titik dengan gradien tertentu
- persamaan garisnya diketahui
|
· Menggambar grafik garis lurus
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
|
2x40mnt
|